Twitter

Jumat, 25 Mei 2012

Lu Ding Ji (The Duke of Mount Deer 1984)



Serial ini lebih dikenal dengan judul Pangeran Menjangan. Menceritakan tentang seorang Wei Xiaobao yang jenaka, pintar, lucu, licik, dan pemalas yang lahir dari seorang pelacur di sebuah rumah bordil di Yangzhou pada awal dinasti Qing. Petualangan Wei Xiaobao dari Yangzhou ke ibukota Beijing inilah yang menjadi inti cerita serial ini. Di Beijing, dia diculik dan dibawa ke Kota Terlarang, dimana disana dia menyamar menjadi seorang kasim. Ketika di istana, Wei Xiaobao yang tolol bertemu dengan Kaisar Kangxi kecil, dan akhirnya mereka berdua pun menjalin sebuah persahabatan yang sulit untuk dipercaya.
 

Pada suatu waktu, Wei Xiaobao ditangkap oleh beberapa pendekar dari dunia persilatan dan dibawa keluar dari istana. Dia bertemu dengan Chen Jinnan, ketua Perkumpulan Langit dan Bumi, sebuah organisasi rahasia anti pemerintah Qing, dan menjadi murid Chen Jinnan. Dia juga menjadi salah satu ketua cabang organisasi tersebut dan bersedia menjadi mata-mata bagi mereka di istana. Wei Xiaobao ditangkap lagi oleh pendekar-pendekar dari kelompok yang lain dan dibawa ke Pulau Naga Mistik, dimana aliran Naga Mistik yang kejam bersarang disana. Tak disangka-sangka, Wei Xiaobao pun menjadi ketua aliran Naga Putih setelah sebelumnya dia menjilat ketua aliran Naga Mistik, Hong Antong.

Wei Xiaobao dikenal sebagai seorang pria yang bejat dan genit. Dia bertemu dengan tujuh orang wanita dalam kesempatan yang berbeda, dan menikahi mereka semua.


Wei Xiaobao membuat beberapa prestasi yang nampaknya sulit untuk dilakukan, dengan cara mengandalkan keberuntungan dan kelicikannya. Hampir sepanjang waktu, Wei Xiaobao menggunakan keberuntungan dan kelicikannya untuk menyelesaikan semua tugasnya. Pertama, dia membantu Kaisar Kangxi menyingkirkan pejabat pemerintah, Oboi yang telah bertindak semena-mena. Kedua, dia menemukan keberadaan Kaisar Shunzhi, yang selama ini dianggap sudah meninggal, menyelamatkan Kaisar Shunzhi dari bahaya, dan kemudian membantunya berkumpul kembali dengan putranya, Kaisar Kangxi. Ketiga, dia melenyapkan aliran Naga Ajaib dengan cara menciptakan konflik internal, yang mendorong kehancuran aliran itu dari dalam. Keempat, dia melemahkan pemberontakan yang didalangi oleh Wu Sangui, dengan cara menyuap sekutu Wu Sangui, sehingga mereka menarik kembali bantuannya kepada Wu Sangui, dan hal ini mempermudah tentara Qing untuk memadamkan pemberontakannya. Terakhir, dia memimpin perang melawan Kekaisaran Rusia dan membantu Dinasti Qing membuat perjanjian mengenai perbatasan antarnegara dengan Rusia. Dia bertemu dengan Ratu Rusia, Sophia Alekseyevna sebelumnya dan membantunya mengamankan pemerintahannya di Rusia. Wei Xiaobao juga bertanggung jawab untuk merekomendasikam orang-orang berbakat kepada Kaisar Kangxi, diantara nama-nama itu terdapat nama Shi Lang, yang memimpin pertempuran di laut melawan Kerajaan Tungning.

Sepanjang kisah, Wei Xiaobao menunjukkan loyalitas yang tinggi kepada Kaisar kangxi dan teman-temannya di Perkumpulan Langit dan Bumi yang anti pemerintah Qing. Dia secara naluriah melindungi Kaisar Kangxi dengan tubuhnya dari pembunuh sebanyak dua kali, dan menyelamatkan hidup kaisar. Dia memainkan peran yang penting dalam membantu Kaisar Kangxi memperkuat pemerintahannya. Di sisi lain, dia membantu anggota-anggota anti pemerintah Qing melarikan diri dari bahaya di berbagai kesempatan pada saat tentara Qing datang mengacau. Dia menggagalkan upaya rakyat yang mencoba menggulingkan pemerintahan kaisar dan menggunakan statusnya di istana kekaisaran untuk mencegah pemerintah menyengsarakan rakyat. Untuk semua prestasinya tersebut, Wei Xiaobao dianugerahi dengan kekayaan berlimpah dan gelar kebangsawanan. Gelarnya yang tertinggi adalah "Pangeran Menjangan". Dia juga mendapatkan respek dari kelompok anti pemerintah Qing karena keberhasilannya menyingkirkan pejabat pengadilan yang jahat dan membela China dari invasi bangsa asing.


Namun pada akhirnya, loyalitas Wei Xiaobao yang bertentangan itu menyebabkan malapetaka. Kaisar Kangxi akhirnya mengetahui hubungan Wei Xiaobao dengan Perkumpulan Langit dan Bumi, dan memaksa Wei Xiaobao untuk membuat pilihan, hal ini pun menempatkan Wei Xiaobao dalam dilema. Jika Wei Xiaobao memilih untuk memihak rakyat, maka ia akan menjadi musuh pemerintah dan berbalik melawan kaisar, yang ia anggap sebagai teman masa kecil dan sebagai tuannya. Jika ia memilih untuk mengikuti perintah kaisar, dia harus menyingkirkan kelompok anti pemerintah Qing dan dicap sebagai pengkhianat oleh teman-temannya. Wei Xiaobao menolak untuk membantu Kaisar Kangxi melawan rakyat, dan ia pun akhirnya dikirim ke pengasingan. Tetapi, Kaisar Kangxi masih menganggapnya sebagai sahabat baiknya dan menganggapnya sebagai pribadi yang loyal sehingga dia memaafkan Wei Xiaobao dan mengijinkannya untuk kembali lagi ke istana setelah menjalani hukuman pengasingan. Menjelang akhir kisah, Kaisar Kangxi kembali mencoba untuk meminta Wei Xiaobao menyingkirkan Perkumpulan Langit dan Bumi. Di sisi lain, Chen Jinnan meninggal dan anggota Perkumpulan Langit dan Bumi meminta Wei Xiaobao menjadi ketua baru mereka.


Wei Xiaobao merenungkan masalah ini dan menyadari bahwa ia tidak akan pernah bisa untuk mendamaikan kedua belah pihak yang bertikai. Dia merasa bahwa persahabatan dan loyalitasnya telah terpecah dan hal ini membuatnya merasa berbeda. Wei Xiaobao memutuskan untuk pergi dan menjalani hidup jauh dari masyarakat dengan membawa harta dan keluarganya. Wei Xiaobao tidak pernah terdengar lagi. Dikatakan bahwa kemudian Kaisar Kangxi melanjutkan inspeksinya, berkeliling ke Jiangnan untuk mencari Wei Xiaobao, tetapi tidak pernah menemukannya.



Aku dulu paling seneng nonton serial ini sama Ibukku. Lucu banget. Mesti ketawa ngakak liat tingkah Xiaobao. Akting Andy Lau sebagai kaisar Kangxi sangat bagus, penuh wibawa sebagai seorang kaisar. Sedangkan Tony Leung sebagai Xiaobao yang licik dan lucu juga sangat pas dibawakannya. Chemistry antara keduanya baguuusss sekali. Top deh buat serial ini :)


Soundtrack serial ini dalam versi Indonesia-nya dulu dibawakan oleh Dewi Yull. liriknya kira-kira seperti dibawah ini:





Diriku tersipu malu
Bila kau tatap wajahku
Kala berjumpa, saat bersama
Di kala berdua ...
 
Entah apa ku tak tahu
Diriku jadi membisu
Saat kau genggam jemari tanganku
Bahagianya hatiku ...
 
reff: Walaupun ku tahu
Cinta kasihmu terbagi
Namun aku tak kuasa
Lupakan dirimu
Karena aku cinta
 
Diriku tersipu malu
Bila kau tatap wajahku
Saat kau genggam jemari tanganku
Bahagianya hatiku ...










2 komentar:

  1. boleh tahu diman bisa mendownload serial ini yang inggris hardsub

    BalasHapus
  2. Kalo donlot kurang tau, coba di indowebster. DVD nya kayaknya masi beredar kog :)

    BalasHapus