Twitter

Jumat, 25 Mei 2012

The Bund (1980)



Serial ini lebih dikenal disini dengan judul Shanghai Bund: Api dan Cinta. Cerita ini terjadi sekitar tahun 1930-an di China. Hui Man Keung (Chow Yun Fat) tiba di Shanghai dengan sedikit uang dan tidak ada tempat tinggal. Secara kebetulan, ia bertemu dengan Ding Lik (Ray Lui), seorang penjual asongan. Ding Lik adalah seorang yang sederhana dan jujur. Keduanya dengan cepat menjadi teman. Kemudian seorang gadis bernama Fung Ching Ching (Angie Chiu), putri seorang boss mafia, diculik. Untungnya, Hui dan Ding menyelamatkannya. Karena itulah, boss Fung (Lau Dan), ayah Ching Ching, menyewa keduanya untuk bekerja untuknya. Dengan kesetiaan dan kecerdasan keduanya, boss Fung menjadikan keduanya sebagai aset berharga bagi organisasinya. Keung jatuh cinta pada Ching Ching. Ching Ching pun juga jatuh cinta pada Keung. Mereka merencanakan untuk menikah, tetapi rencana itu berantakan. Ayah Ching Ching terlibat persoalan dengan pedagang senjata Jepang. Dia mengirim Keung untuk menyelesaikan persoalan itu. Namun, Keung membunuh seorang pedagang senjata Jepang yang penting itu. Ketika boss Fung mengetahui tentang kejadian ini, ia mengirim pembunuh bayaran untuk membunuh Keung. Karena itulah Keung terpaksa meninggalkan Shanghai dan meninggalkan kekasihnya, Ching Ching.


Boss Fung mengirim Ding Lik untuk menangkap Keung. Ketika Ding Lik berhadapan dengan Keung, mereka memutuskan untuk bicara. Pada akhirnya, Ding Lik mengijinkan Keung untuk pergi. Setelah Keung meninggalkan Shanghai, Ding Lik menjadi satu-satunya orang kepercayaan boss Fung. Ding Lik kemudian memiliki banyak uang dan kekuasaan. Namun, dengan kekuasaannya sekarang, Ding Lik berubah dari orang yang sederhana dan jujur menjadi seorang lelaki yang rumit dan licik. Dari sini, dia merayu Ching Ching yang tengah patah hati. Mengetahui bahwa kekasih sejatinya tidak akan pernah kembali, dia menikah dengan Ding Lik, tetapi hatinya tidak pernah melupakan Keung. Sementara itu, Keung pergi ke pedesaan, dan bertemu dengan seorang pria tua dan cucu-cucunya. Keung melihat betapa damai hidup pria tua dan cucu-cucunya itu. Dia kemudian memutuskan untuk melupakan masa lalunya dan hidup dengan damai. Dia menikahi cucu perempuan pria tua tersebut dan tinggal disana. Sayangnya, orang-orang suruhan boss Fung menemukan dimana Keung tinggal dan membunuh semua orang, bahkan istri Keung yang tengah hamil pun juga ikut dibunuh! Keung melihat keluarganya mati dan bersumpah untuk membalas dendam. Dia kembali ke Shanghai untuk bergabung dengan mafia lain dan menyebabkan malapetaka dalam bisnis boss Fung.

Sementara itu, pernikahan antara Ding Lik dan Ching Ching menjadi sebuah bencana. Ding Lik mengetahui kedatangan Keung ke Shanghai dan takut jika Ching Ching akan jatuh cinta lagi pada Keung. Dia menjadi cemburu dan memperlakukan Ching Ching dengan tidak hormat. Dia bahkan mendorong Ching Ching jatuh ke tanah dan dengan tidak sengaja hal itu menyebabkan Ching Ching mengalami keguguran. Ding Lik menyadari apa yang dilakukannya adalah sebuah kesalahan dan mulai memperlakukan Ching Ching dengan penuh kasih sayang. Namun, Ching Ching menjadi tidak bahagia dengan kehidupan pernikahannya, dan dia ingin bercerai.

Di akhir cerita, Keung berhasil menangkap boss Fung dalam sebuah ruangan dan menembaknya. Ching Ching masuk dan melihat ayahnya mati di kakinya. Dia mengambil pistol dan mengarahkannya ke kepala Keung. Keung berkata pada Ching Ching bahwa dia tidak akan menyalahkan Ching Ching dan masih berdiri menunggu peluru dari pistol itu mengenai kepalanya.

Ini sebenarnya serial yang bagus. Apalagi pemain-pemainnya ganteng dan cantik. Aku rasa Chow Yun fat sangat serasi sekali dengan Angie Chiu. Sayangnya waktu nonton serial ini dulu aku masih kecil, masih agak 'nggak ngeh dengan jalan ceritanya. Tak suka lihat adegan tembak-tembakkan dan kehidupan mafia Shanghai. Tapi sekarang kalo ditawari nonton serial ini lagi, aku pasti mau. Tapi sayangnya DVD yang subtitle Indonesia sepertinya susah untuk didapatkan :(


Okay, lirik soundtrack serial Api dan Cinta versi Indonesia dapat dilihat di bawah ini :




Kemilau cahaya diantara bagian kota
Temaram mencekam
Di lorong-lorong penuh dendam
 
Dunia ternoda
Dosa dusta kian melanda
Asmara dan cinta
Adakah di hati mereka?
 
reff: Hari-hari terus berlalu
Meniti jalan sepi
Tak peduli tanpa ragu
Menghadapi apa yang terjadi
 
Seperti di dalam rangkaian pentas sandiwara
Melawan angkara
Berharap datang kuasaNya ...





2 komentar:

  1. Saya suka sekali drama ini,,, klo g Salah dulu saya masih SMP.
    Thanks atas ulasannya,,, jadi mengenang jaman dahulu Kala hehehhe

    BalasHapus
  2. Saya sempat ikuti siri ini waktu tayangan di TV2 Malaysia..tunggu siri ni tiap hari.. mmng suka tgk psgn hero n heroin tu..

    BalasHapus